Media pemberitaan ter-update seputar IDOL dan Entertainment sejenisnya.

Pasang iklan (ads click here)

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Rabu, 07 Agustus 2019

Nampak nya JKT48 Operation Team (JOT) mulai mendengarkan masukan-masukan yang diberikan oleh fans


Suka Ngidol - Sebuah komentar di kolom komentar MV terbaru dari JKT48 Tsugi no season, baru-baru ini menjadi sorotan, pasalnya setelah beberapa bulan komentar tersebut di posting JKT48 seakan-akan mengikuti saran dari salah satu fans tersebut untuk membangun "cinematic universe" dengan membuatkan akun-akun youtube tersendiri bagi member guna mendapatkan pangsa pasar lebih luas lagi bagi JKT48 itu sendiri


Seperti dikutip dari komentar tersebut :

"Analisa tentang jkt48 sedikit... kenapa view mv nya sering stagnan dan selama beberapa tahun ini cuma ada di sekitaran 500k atau 1jt...? jawabannya karena mereka gak membangun cinematic universe di youtube... Maksudnya gimana...? Jadi gini... Marvel kan terkenal dgn cinematic universenya. tiap superhero punya satu film dan mereka punya pangsa pasarnya sendiri2.. contoh..

Captain america menyasar orang-orang berhaluan politik nasionalis amerika
Ironman menyasar para kapitalis yang suka hal2 berbau teknologi
Black panther menyasar para kulit hitam
Dr strange menyasar orang-orang yang suka hal-hal sihir dan supranaturalis
Spiderman menyasar penonton remaja.. dan masih banyak yg belum disebutin..
Semua filmnya masuk box office dan ketika mereka bersatu dalam wadah film besar yang kita kenal sbg avengers..., mereka menjadi mega box office dan penjualan mereka di barang apapun jadi meningkat tajam..
Cinematic universe kalo di youtube indonesia ya siapa lagi kalo bukan keluarga halilintar.. okay tahu koq.. pasti dsini banyak yg ga seneng sama mereka, (aq sndiri jg kurang seneng... wkwkwk..)
Tapi walaupun gitu, mereka bener2 tahu bagaimana cara melihat peluang dengan membuat 'superhero' mereka menyasar pasar2 tertentu.. contoh.. Atta halilintar menyasar remaja laki2 SMA yg butuh pengakuan dengan menawarkan 'kemewahan' yg dia punya.. Saiih halilintar segmentasinya hampir sama, cuma lebih ke anak SMP atau orang yg suka sama editan videonya, Sohwa halilintar menyasar hijaber cewe,
Qahtan halilintar menyasar para anak kecil atau ibu2 yg butuh tontonan buat nenangin anaknya rewel..
Ibu halilintar ya udah jelas nyasarnya ke ibu2..
Ketika mereka semua bersatu dan bikin mv...
Mereka sudah jadi 'mega box office kecil' yg skrg mnjadi trending dengan video yg ditonton lbih dr 16jt views & ngalahin viewnya si dedek ungu pdahal scr konsep mv ziggy zagga sama mv jkt48 sbetulnya kualitasnya ya 11-12 aja... Jkt48 kalo mau berubah lbih baik ya harusnya udah mulai membangun cinematic universenya sendiri.. tiap member harusnya punya channel youtubenya masing2 tentu dengan nama jkt48 di belakangnya.. sama kayak nama akun twitter dan instagramnya.. Disini jelas ngandalin jkt48 tv aja ga cukup... kenapa..? karena yg ngelihat channelnya, cuma seputar fandomnya doang... akan sangat beda hasilnya kalo itu dipecah lagi jd channel sendiri2.. Keuntungannya ketika tiap member punya channel youtube 1. Mereka jadi punya income tambahan dari adsense (tentu ini harus ada pembagiannya sama bagian operasionalnya jkt48 sperti editing dll.. tapi ini akan jd penyemangat mereka buat bikin konten apalagi kalo bagian mereka lbih besar apalagi ini akan jd investasi jangka panjang buat member nantinya) 2. Mereka punya sdikit kebebasan utk mau bikin konten. Ini mungkin sih cuma perasaanku aja.. tp mereka seperti terlihat ga begitu minat utk bikin video di jkt48 tv.. mungkin karena mereka ga begitu senang bikin konten karena harus ke tempatnya JOT terlebih dahulu.. atau mereka sendiri ga begitu dapat income dr situ, atau mereka ga bisa mengekspresikan apa yg mau dia ungkapkan.. atau mungkin kendala lain aq ga tahu.. tp yg jelas jumlah video mereka itu masih sangat sedikit dan upload cuma seminggu sekali dengan member yg itu2 aja yg upload... padahal punya anggota 40an lebih plus murid academy... itu aneh & ga produktif sama sekali utk ukuran idol grup yg bnyk anggotanya kyak mereka... 3. Mereka bisa menyasar fans baru di lingkar luar fandom. contoh.. Puti konsisten bikin konten wibu ---> Pasarnya dia anak anime Desy bikin konten openmic ---> pasarnya bisa umat lucu atau orang2 yg seneng humor receh Angel atau Anin bikin konten pubg ---> pasarnya anak game Gracia review makanan ---> pasarnya orang yg suka kuliner Klo misalnya mereka bisa dapat penonton di luar fandom mereka, itu akan jd keuntungan buat mereka, karena dukungannya akan menguntungkan posisi mereka di sousenkyo nantinya... 4. Membentuk 'cinematic universe' sendiri... Kalo contoh di poin ke 3 diatas masing2 punya 50k orang fans baru dr yg luar fandom, tinggal dikalikan 40 aja.. itu udah 2jt... Itu angka yg super cukup membuat mv yg akan jd trending no 1 youtube dan tanpa kita harus usaha buat naikin ini mv... dan buat ngalahin dedek ungu ya tinggal nunggu waktu aja...
Tolong Di Up atau share ke staff klo misalnya bermanfaat... :)"tulisnya

Komentar tersebut bisa kalian lihat di kolom komentar MV Tsugi No Season JKT48 yang hingga saat inipun komentar tersebut masih menjadi top comment di MV JKT48 tersebut dan menjadi perbincangan hangat di kalangan fans JKT48.

Terbukti "cinematic universe" yang dimaksud mendapat respon dari JOT dengan bermunculan nya akun-akun youtube resmi para member maupun ex-member dari JKT48

seperti contoh : Shanju TVPucchi no sekai dan masih banyak lagi


Semoga kedepan JKT48 mampu berkembang dan bersaing di industri musik mancanegara :)

1 komentar:

Click here

Halaman